ANALISIS SWOT

No. FUNGSI DAN FAKTOR KRITERIA KESIAPAN KONDISI NYATA TINGKAT KESIAPAN
SIAP T. SIAP
1. Fungsi Belajar Mengajar.
1.1.  Faktor Internal.
a. Motivasi Guru. Tinggi Cukup ü
b. Alokasi Waktu. Efektif Efektif ü
c. Penggunaan Media. Variatif Cukup Variatif ü
d. Perangkat Pembelajaran. Ada Ada ü
e. SDM Guru. Siap Siap ü
f.  Metode. Variatif Variatif ü
g. Motivasi Siswa. Tinggi Tinggi ü
h. Hubungan Guru dengansiswa. Kondusif Kondusif ü
i. Perilaku Siswa. Disiplin Cukup ü
j. Evaluasi. Terstruktur Terstruktur ü
1.2.  Faktor eksternal.
a. Lingkungan Fisik. Kondusif Kondusif
b. Lingkungan Sosiall. Kondusif Kondusif
c.  Kerjasama dengan pihak luar. Kooperatif Kooperatif
2. Fungsi Pendukung PBM.
2.1.  Ketenagaan.
Faktor Internal.
a.  Ketercukupan TenagaGuru. Memadai Cukup ü
b.  Ketercukupan TenagaAdministrasi Memadai Memadai ü
c.  Kemampuan  Guru  Pem-bimbing. Tinggi Cukup ü
d.  Kemampuan TenagaAdministrasi. Tinggi Cukup ü
e.  Kemampuan Pustakawan. Tinggi Cukup ü
f.   Kemampuan Laboran Tinggi Tinggi ü
Faktor Eksternal.
a.  Kesesuaian KompetensiGuru. Sesuai Sesuai ü
b.  Kesesuaian dengan nilai /paradigma. Sesuai Cukup ü
c.  Kesesuaian KompetensiGuru Dengan Bidangnya. Sesuai Sesuai ü
2.2.  Kesiswaan.
Faktor internal.
a. Motivasi siswa. Tinggi Tinggi ü
b. Kedisiplinan Siswa. Tinggi Cukup ü
c. Karakteristik Siswa Tidak Tidak ü
d. Keaktifan Siswa Aktif Aktif ü
Faktor eksternal.
a. Lingkungan fisik. Kondusif Kondusif ü
b. Lingkungan Sosial Kondusif Kondusif ü
c. Dukungan masyarakat luar Kondusif Kondusif ü
d. Pengaruh perilaku sosial Kondusif Kondusif ü
Dari luar.
e. Pengaruh teknologi Sesuai Ada Penyimpangan ü
2.3. Kurikulum
Faktor internal.
a. Dokumen Kuirkulum. Lengkap. Lengkap ü
b. Buku Pegangan Guru Lengkap Cukup Lengkap ü
c. Buku Pegangan Siswa Lengkap Cukup Lengkap ü
Faktor eksternal.
a. Keseuaian   dengan  ke-butuhan masyarakat. Sesuai Sesuai ü
b. Kesesuaian dengankarakteristik siswa Sesuai Sesuai ü
c. Kesesuaian dengan ke-majuan IPTEK. Sesuai Sesuai ü
2.4.  Perencanaan Instruksional.
Faktor Internal.
a. Rencana Pembelajaran. Ada, Lengkap Ada, Lengkap ü
b. Instrumen Penilaian Ada, Lengkap Ada, Lengkap ü
c. Jurnal Mengajar Ada, Lengkap Ada, Lengkap ü
d. Perangkat Pembelajaran Ada, Lengkap Ada, Lengkap ü
e. Remidi dan Pengayaan Ada,Sesuai Prosedur Ada,Sesuai Prosedur ü
Factor eksternal
a. Kondisi Lingkungan Kondusif Kondusif ü
b. Kerjasama antar guru Tinggi Tinggi ü
2.5.  Sarana Prasarana
Faktor internal.
a. Media Pembelajaran Ada, memadai Ckp, memadai ü
b. Ruang Kelas Ada, memadai Ckp, memadai ü
c. Ruang Bimbingan Ada, memadai Ada, memadai ü
d. Ruang Pendukung Ada, memadai Blm, memadai ü
e. Ruang Perpustakaan Ada, memadai Ckp, memadai ü
f.  Ruang Lab. IPA Ada, memadai Krg, memadai ü
g. Ruang Lab. Bahasa Ada, memadai Belum ada ü
h. Ruang Lab. Komputer Ada, memadai Krg, memadai ü
i.  Fasilitas Olah Raga Ada, memadai Ckp, memadai ü
j.  Fasilitas Kesenian Ada, memadai Krg, memadai ü
k. Fasilitas Komputer Ada, memadai Krg, memadai ü
l.  Fasilitas Internet Ada, memadai Blm, memadai ü
m.Fasilitas   perabot   danperalatan. Ada, memadai Krg, memadai ü
Faktor eksternal
a. Dukungan Lembaga Lain. Tinggi Tinggi ü
b. Dukungan Masyarakat Tinggi Tinggi ü
2.6. Hubungan Madrasah dengan
Masyarakat.
Faktor internal.
a. Komite Madrasah Ada Ada ü
b. Komitmen KomiteMadrasah Tinggi Tinggi ü
c. Program Komite Madrasah Ada, Lengkap Ada, Lengkap ü
Faktor eksternal.
a. Hubungan antar is\nstansi Ada, baik Ada, baik ü
b. Hubungan dengan masya- Ada, baik Ada, baik ü
Rakat.
2.7.  Pelaksanaan 10 K.
Faktor internal.
a. Letak Geografis Madrasah Baik Baik ü
b. Tatib Madrasah Baik, lengkap Baik, lengkap ü
c. Sarana Prasarana Lengkap Cukup ü
d. Personil Lengkap Lengkap ü
e. Biaya memadai Cukup ü
Faktor eksternal.
a. Lingkungan Madrasahdan sosial Kondusif Kondusif ü
b. Latar belakang siswa Kondusif Kondusif ü
c. Kemajuan system informasi Berpengaruh Berpengaruh ü
2.8. Keuangan.
Faktor internal.
a. RAPBM Lengkap Lengkap ü
b. Laporan Pertanggung-jawaban Akuntable Akuntable ü
c. Pembukuan Keuangan Memadai Memadai ü
d. Bukti Kas Ada Ada ü
e. Penyimpanan Aman Aman ü
f. Sistem pembayaran Praktis Praktis ü
g. Petugas Pelaksana Cakap, jujur Cakap, jujur ü
Faktor eksternal.
a.  Pengawasan Komitemadrasah Baik Baik ü
b. Pengawasan Bawasda Baik Baik ü
c. Pengawasan Irjen/BPKP Baik Baik ü
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.