ANALISIS SWOT
No. | FUNGSI DAN FAKTOR | KRITERIA KESIAPAN | KONDISI NYATA | TINGKAT KESIAPAN | |
SIAP | T. SIAP | ||||
1. | Fungsi Belajar Mengajar. | ||||
1.1. Faktor Internal. | |||||
a. Motivasi Guru. | Tinggi | Cukup | ü | ||
b. Alokasi Waktu. | Efektif | Efektif | ü | ||
c. Penggunaan Media. | Variatif | Cukup Variatif | ü | ||
d. Perangkat Pembelajaran. | Ada | Ada | ü | ||
e. SDM Guru. | Siap | Siap | ü | ||
f. Metode. | Variatif | Variatif | ü | ||
g. Motivasi Siswa. | Tinggi | Tinggi | ü | ||
h. Hubungan Guru dengansiswa. | Kondusif | Kondusif | ü | ||
i. Perilaku Siswa. | Disiplin | Cukup | ü | ||
j. Evaluasi. | Terstruktur | Terstruktur | ü | ||
1.2. Faktor eksternal. | |||||
a. Lingkungan Fisik. | Kondusif | Kondusif | |||
b. Lingkungan Sosiall. | Kondusif | Kondusif | |||
c. Kerjasama dengan pihak luar. | Kooperatif | Kooperatif | |||
2. | Fungsi Pendukung PBM. | ||||
2.1. Ketenagaan. | |||||
Faktor Internal. | |||||
a. Ketercukupan TenagaGuru. | Memadai | Cukup | ü | ||
b. Ketercukupan TenagaAdministrasi | Memadai | Memadai | ü | ||
c. Kemampuan Guru Pem-bimbing. | Tinggi | Cukup | ü | ||
d. Kemampuan TenagaAdministrasi. | Tinggi | Cukup | ü | ||
e. Kemampuan Pustakawan. | Tinggi | Cukup | ü | ||
f. Kemampuan Laboran | Tinggi | Tinggi | ü | ||
Faktor Eksternal. | |||||
a. Kesesuaian KompetensiGuru. | Sesuai | Sesuai | ü | ||
b. Kesesuaian dengan nilai /paradigma. | Sesuai | Cukup | ü | ||
c. Kesesuaian KompetensiGuru Dengan Bidangnya. | Sesuai | Sesuai | ü | ||
2.2. Kesiswaan. | |||||
Faktor internal. | |||||
a. Motivasi siswa. | Tinggi | Tinggi | ü | ||
b. Kedisiplinan Siswa. | Tinggi | Cukup | ü | ||
c. Karakteristik Siswa | Tidak | Tidak | ü | ||
d. Keaktifan Siswa | Aktif | Aktif | ü | ||
Faktor eksternal. | |||||
a. Lingkungan fisik. | Kondusif | Kondusif | ü | ||
b. Lingkungan Sosial | Kondusif | Kondusif | ü | ||
c. Dukungan masyarakat luar | Kondusif | Kondusif | ü | ||
d. Pengaruh perilaku sosial | Kondusif | Kondusif | ü | ||
Dari luar. | |||||
e. Pengaruh teknologi | Sesuai | Ada Penyimpangan | ü | ||
2.3. Kurikulum | |||||
Faktor internal. | |||||
a. Dokumen Kuirkulum. | Lengkap. | Lengkap | ü | ||
b. Buku Pegangan Guru | Lengkap | Cukup Lengkap | ü | ||
c. Buku Pegangan Siswa | Lengkap | Cukup Lengkap | ü | ||
Faktor eksternal. | |||||
a. Keseuaian dengan ke-butuhan masyarakat. | Sesuai | Sesuai | ü | ||
b. Kesesuaian dengankarakteristik siswa | Sesuai | Sesuai | ü | ||
c. Kesesuaian dengan ke-majuan IPTEK. | Sesuai | Sesuai | ü | ||
2.4. Perencanaan Instruksional. | |||||
Faktor Internal. | |||||
a. Rencana Pembelajaran. | Ada, Lengkap | Ada, Lengkap | ü | ||
b. Instrumen Penilaian | Ada, Lengkap | Ada, Lengkap | ü | ||
c. Jurnal Mengajar | Ada, Lengkap | Ada, Lengkap | ü | ||
d. Perangkat Pembelajaran | Ada, Lengkap | Ada, Lengkap | ü | ||
e. Remidi dan Pengayaan | Ada,Sesuai Prosedur | Ada,Sesuai Prosedur | ü | ||
Factor eksternal | |||||
a. Kondisi Lingkungan | Kondusif | Kondusif | ü | ||
b. Kerjasama antar guru | Tinggi | Tinggi | ü | ||
2.5. Sarana Prasarana | |||||
Faktor internal. | |||||
a. Media Pembelajaran | Ada, memadai | Ckp, memadai | ü | ||
b. Ruang Kelas | Ada, memadai | Ckp, memadai | ü | ||
c. Ruang Bimbingan | Ada, memadai | Ada, memadai | ü | ||
d. Ruang Pendukung | Ada, memadai | Blm, memadai | ü | ||
e. Ruang Perpustakaan | Ada, memadai | Ckp, memadai | ü | ||
f. Ruang Lab. IPA | Ada, memadai | Krg, memadai | ü | ||
g. Ruang Lab. Bahasa | Ada, memadai | Belum ada | ü | ||
h. Ruang Lab. Komputer | Ada, memadai | Krg, memadai | ü | ||
i. Fasilitas Olah Raga | Ada, memadai | Ckp, memadai | ü | ||
j. Fasilitas Kesenian | Ada, memadai | Krg, memadai | ü | ||
k. Fasilitas Komputer | Ada, memadai | Krg, memadai | ü | ||
l. Fasilitas Internet | Ada, memadai | Blm, memadai | ü | ||
m.Fasilitas perabot danperalatan. | Ada, memadai | Krg, memadai | ü | ||
Faktor eksternal | |||||
a. Dukungan Lembaga Lain. | Tinggi | Tinggi | ü | ||
b. Dukungan Masyarakat | Tinggi | Tinggi | ü | ||
2.6. Hubungan Madrasah dengan | |||||
Masyarakat. | |||||
Faktor internal. | |||||
a. Komite Madrasah | Ada | Ada | ü | ||
b. Komitmen KomiteMadrasah | Tinggi | Tinggi | ü | ||
c. Program Komite Madrasah | Ada, Lengkap | Ada, Lengkap | ü | ||
Faktor eksternal. | |||||
a. Hubungan antar is\nstansi | Ada, baik | Ada, baik | ü | ||
b. Hubungan dengan masya- | Ada, baik | Ada, baik | ü | ||
Rakat. | |||||
2.7. Pelaksanaan 10 K. | |||||
Faktor internal. | |||||
a. Letak Geografis Madrasah | Baik | Baik | ü | ||
b. Tatib Madrasah | Baik, lengkap | Baik, lengkap | ü | ||
c. Sarana Prasarana | Lengkap | Cukup | ü | ||
d. Personil | Lengkap | Lengkap | ü | ||
e. Biaya | memadai | Cukup | ü | ||
Faktor eksternal. | |||||
a. Lingkungan Madrasahdan sosial | Kondusif | Kondusif | ü | ||
b. Latar belakang siswa | Kondusif | Kondusif | ü | ||
c. Kemajuan system informasi | Berpengaruh | Berpengaruh | ü | ||
2.8. Keuangan. | |||||
Faktor internal. | |||||
a. RAPBM | Lengkap | Lengkap | ü | ||
b. Laporan Pertanggung-jawaban | Akuntable | Akuntable | ü | ||
c. Pembukuan Keuangan | Memadai | Memadai | ü | ||
d. Bukti Kas | Ada | Ada | ü | ||
e. Penyimpanan | Aman | Aman | ü | ||
f. Sistem pembayaran | Praktis | Praktis | ü | ||
g. Petugas Pelaksana | Cakap, jujur | Cakap, jujur | ü | ||
Faktor eksternal. | |||||
a. Pengawasan Komitemadrasah | Baik | Baik | ü | ||
b. Pengawasan Bawasda | Baik | Baik | ü | ||
c. Pengawasan Irjen/BPKP | Baik | Baik | ü | ||
Iklan